• Pembekalan Mahasiswa Baru Prodi S1 Keperawatan Konversi dilaksanakan pada Rabu, 23 Agustus 2017 Pkl.
  • Pembekalan Mahasiswa Baru Prodi D3 Keperawatan dilaksanakan pada Rabu, 23 Agustus 2017 Pkl. 09.00
  • Pembekalan Mahasiswa Baru Prodi D3 Kebidanan dilaksanakan pada Rabu, 23 Agustus 2017 Pkl. 09.00
  • Pembekalan Mahasiswa Baru Prodi S1 Keperawatan Reguler dilaksanakan pada Rabu, 23 Agustus 2017 Pkl.
  • Pembekalan Mahasiswa Baru Prodi Ners Reguler dilaksanakan pada Selasa, 22 Agustus 2017 Pkl. 09.00

    Program Studi Apa yang Paling Anda Minati?

    Profesi Ners
    D3 Kebidanan
    D3 Keperawatan
    S1 Keperawatan

    Lihat Hasil Poling

    292293

    Hari ini : 61
    Total : 97526
    Hits hari ini : 166
    Total Hits : 292293
    Online : 1

Senin, 02 Februari 2015 - 11:12:45 WIB
Studi: Diabetes Juga Bisa Disebabkan Karena Kekurangan Vitamin A
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Umum - Dibaca: 1404 kali

Jakarta, Kekurangan vitamin A selama ini diketahui dapat memengaruhi kesehatan indra penglihatan alias mata. Namun studi terbaru kini mengungkapkan bahwa kekurangan vitamin A juga mengarah pada risiko diabetes tipe 2.

Penelitian terbaru yang dilakukan oleh Weill Cornell Medical College menunjukkan bahwa vitamin A membantu meningkatkan produksi sel-sel beta dalam pankreas yang memproduksi hormon insulin. Nah hormon ini sendiri berfungsi untuk mengatur gula darah.

Untuk membuktikan teori ini, peneliti menggunakan tikus di laboratorium. Mereka menemukan bahwa kekurangan vitamin A memacu kematian sel-sel beta tersebut. Hal ini terlihat ketika para peneliti menghilangkan vitamin A dari makanan tikus, di mana tikus-tikus ini kemudian mengalami penurunan sel beta cukup signifikan.

Akibatnya, penurunan ini berpengaruh terhadap penurunan pula dalam insulin dan peningkatan besar dalam kadar gula darah.

Nah, ketika tikus-tikus ini kemudian diberikan kembali asupan vitamin A ke dalam makanannya, jumlah sel betanya stabil dan produksi insulinnya menjadi lebih tinggi. Alhasil gula darahnya pun kembali ke tingkat normal.

"Dari sudut pandang terapi, penelitian kami merupakan kontribusi yang sangat penting karena belum ada obat yang tersedia untuk melakukan hal ini," ujar peneliti Steven Trasino, MD, seperti dikutip dari Journal of Biological Chemistry, Senin (2/2/2015).

Lorraine Gudas, MD, ilmuwan dari Weill Cornell menambahkan bahwa ini merupakan studi pertama yang menemukan hubungan antara defisiensi vitamin A dengan sel beta dan risiko diabetes. Sehingga diharapkan konsumsi vitamin A yang cukup bisa menjadi pesan penting bagi masyarakat.




    0 Komentar :

    Apycom jQuery Menus