• Pembekalan Mahasiswa Baru Prodi S1 Keperawatan Konversi dilaksanakan pada Rabu, 23 Agustus 2017 Pkl.
  • Pembekalan Mahasiswa Baru Prodi D3 Keperawatan dilaksanakan pada Rabu, 23 Agustus 2017 Pkl. 09.00
  • Pembekalan Mahasiswa Baru Prodi D3 Kebidanan dilaksanakan pada Rabu, 23 Agustus 2017 Pkl. 09.00
  • Pembekalan Mahasiswa Baru Prodi S1 Keperawatan Reguler dilaksanakan pada Rabu, 23 Agustus 2017 Pkl.
  • Pembekalan Mahasiswa Baru Prodi Ners Reguler dilaksanakan pada Selasa, 22 Agustus 2017 Pkl. 09.00

    Program Studi Apa yang Paling Anda Minati?

    Profesi Ners
    D3 Kebidanan
    D3 Keperawatan
    S1 Keperawatan

    Lihat Hasil Poling

    292295

    Hari ini : 61
    Total : 97526
    Hits hari ini : 168
    Total Hits : 292295
    Online : 1

Selasa, 07 Juli 2015 - 13:29:43 WIB
STIKes Muhammadiyah Pringsewu Akan Gelar Pelatihan Preseptor
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Umum - Dibaca: 1198 kali

Pringsewu - Sebagai komitmen STIKes Muhammadiyah Pringsewu dalam melakukan peningkatan mutu sumber daya manusia seluruh civitas akademik baik dosen maupun lulusannya, pihaknya senantiasa intens memberikan pendidikan penunjang diluar pendidikan formal. Salah satunya adalah melalaui pelatihan Preseptor atau pelatihan pembimbing klinik yang akan dilaksanakan pada pertengah Agustus mendatang.
Pelatihan Pembimbing Klinik (Preseptorship) merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh dosen yang mendapat tugas sebagai pembimbing klinik di lahan praktik para mahasiswa. Hal ini tentu saja berkenaan dengan kualitas bimbingan bagi mahasiswa yang sedang melaksanakan studi praktikum di rumah sakit ataupun puskesmas. Selain dosen internal, pelatihan preseptorship ini menurut rencana juga akan diikuti oleh para pembimbing lahan dari berbagai rumah sakit dan puskesmas yang memiliki kerja sama dengan STIKes Muhammadiyah Pringsewu dalam hal penggunaan lahan praktik.

Ketua Pelaksana kegiatan, Ns. Hj. Marlinda, M.Kep dalam rapat persiapan yang digelar pada selasa (7/7) mengatakan, pelaksanaan pelatihan perseptorship ini didasari pada kebutuhan intitusi akan kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang pembimbing klinik, karena kualitas bimbingan yang dilakukan akan sangat mempengaruhi kualitas yang dicapai oleh mahasiswa yang sedang menjalani praktikum di rumah sakit.
"Pelatihan ini untuk meningkatkan kompetensi yang dimiliki oleh para pembimbing, baik dari internal perguruan tinggi maupun pembimbing lahan dari rumah sakit atau puskesmas. Sehingga dengan adanya kompetensi pembimbing yang terakui, mudah-mudahan akan berdampak baik pada kualitas praktikum mahasiswanya", jelasnya.

Masih menurut Ns. Marlinda, kegiatan ini rencananya akan menghadirkan pemateri-pemeteri yang memiliki kemampuan dan pengalaman di bidang bimbingan klinik untuk profesi keperawatan dan kebidanan. "Jadi nantinya kita akan cari pemateri yang benar-benar mengerti dan memiliki kemampuan serta pengalaman di bidang clinical instructure, terkhusus untuk ilmu keperawatan dan kebidanan", katanya.

Sementara itu, Ketua STIKes Muhammadiyah Pringsewu Ns. Asri Rahmawati, S.Kep., M.Kes menyambut baik kegiatan yang akan dilaksanakan pasca idul fitri tersebut. Menurutnya, pengembangan sumber daya manusia merupakan bagian dari visi misi STIKes Muhammadiyah Pringsewu sehingga perlu didukung dan dilaksanakan. Terlebih menurutnya, komptensi seorang tenaga pendidik merupakan sarat mutlak untuk menghasilkan lulusan-lulusan yang baik. "Jika kompetensi dosen-dosennya sudah terpenuhi, mudah-mudahan hasilnya juga akan baik", terangnya.
Kedepannya, menurut Ns. Asri, setiap dosen yang akan melakukan bimbingan klinik harus sudah memiliki sertifikat Pelatihan Preseptorship sebagai bukti kompetensi untuk melakukan bimbingan.




0 Komentar :

Apycom jQuery Menus