• Pembekalan Mahasiswa Baru Prodi S1 Keperawatan Konversi dilaksanakan pada Rabu, 23 Agustus 2017 Pkl.
  • Pembekalan Mahasiswa Baru Prodi D3 Keperawatan dilaksanakan pada Rabu, 23 Agustus 2017 Pkl. 09.00
  • Pembekalan Mahasiswa Baru Prodi D3 Kebidanan dilaksanakan pada Rabu, 23 Agustus 2017 Pkl. 09.00
  • Pembekalan Mahasiswa Baru Prodi S1 Keperawatan Reguler dilaksanakan pada Rabu, 23 Agustus 2017 Pkl.
  • Pembekalan Mahasiswa Baru Prodi Ners Reguler dilaksanakan pada Selasa, 22 Agustus 2017 Pkl. 09.00

    Program Studi Apa yang Paling Anda Minati?

    Profesi Ners
    D3 Kebidanan
    D3 Keperawatan
    S1 Keperawatan

    Lihat Hasil Poling

Senin, 09 November 2015 - 16:14:31 WIB
TINGKATKAN KUALITAS PEMBIMBING LEWAT PELATIHAN PRECEPTORSHIP & MENTORSHIP
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Info Kampus - Dibaca: 1086 kali

Pringsewu – Kualitas dan kemampuan yang dimiliki oleh pembimbing lahan praktik (clinical instructure) sangat menentukan hasil yang dicapai pada proses perkuliahan praktik yang dijalani oleh mahasiswa.

 Dalam rangka meningkatkan kualitas dan kemampuan dosen-dosennya yang terlibat sebagai pembimbing lahan praktik, STIKes Muhammadiyah Pringsewu untuk ketiga kalinya menggelar pelatihan “Preceptorship dan Mentorship” yang dilaksanakan di aula kampus setempat.

 Kegiatan yang dijadwalkan selama dua hari (9/11-10/11) ini diikuti sedikitnya oleh 47 peserta yang berasal dari dosen STIKes sendiri dan pembimbing lahan dari berbagai rumah sakit dan puskesmas di wilayah Kota Bandar Lampung dan Kabupaten Pringsewu yang selama ini menjadi lahan praktik bagi mahasiswa STIKes Muhammadiyah Pringsewu, dengan menghadirkan mentor Ns. Mohammad Affandi, MAN dan Fitnaningsih Endang Cahayawati, S.ST., M.Kes dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

 Ketua pelaksana kegiatan Ns. Hj. Marlinda, M.Kep., Sp.Kep.Mat dalam laporannya menyampaikan bahwa pelatihan preceptorship & mentorship bertujuan meningkatkan kemampuan para pembimbing lahan praktik (clinical instrukture) dari segi pengetahuan maupun ketrampilan dalam memberikan bimbingan dan arahan kepada para mahasiswa sesuai metode bimbingan terkini, sehingga bisa di dapat hasil praktik yang terbaik.

 “Kita ingin setiap pembimbing lahan praktik memiliki profesionalitas dan kapabilitas dalam memberikan pendidikan dan arahan kepada peserta didik yang sedang menjalani kuliah praktik di rumah sakit maupun puskesmas. Sehingga harapannya, mahasiswa mampu menyerap ilmu yang didapat selama menjalani masa kuliah praktik di sana”, terang Ns. Marlinda.

 Lebih lanjut Ns. Marlinda menambahkan, pelatihan preceptorship & mentorship ini tidak hanya berisi teori tentang metode bimbingan lahan, pada hari kedua (hari ini .red) para peserta akan terjun langsung melakukan bimbingan praktik di rumah sakit kepada mahasiswa yang sedang praktik dengan didampingi mentor secara langsung.

 Sementara itu Ketua STIKes Muhammadiyah Pringsewu, Ns. Asri Rahmawati, S.Kep., M.Kes menilai kegiatan ini sangat positif. Dirinya berharap, kegiatan semacam ini secara kontinyu dapat terus dilakukan demi terwujudnya sumber daya manusia yang memiliki kemampuan dan kapabilitas untuk memberikan pendidikan kepada mahasiswa. Sehingga akhirnya bisa didapat lulusan-lulusan perawat dan bidan STIKes Muhammadiyah Pringsewu yang profesional dan berdaya saing sesuai dengan visi STIKes.

 Terakhir, Ns. Asri juga berharap para peserta pelatihan dapat mengimplementasikan ilmu yang didapat pada saat melakukan bimbingan di lahan praktik masing-masing.




0 Komentar :

Apycom jQuery Menus