• Pembekalan Mahasiswa Baru Prodi S1 Keperawatan Konversi dilaksanakan pada Rabu, 23 Agustus 2017 Pkl.
  • Pembekalan Mahasiswa Baru Prodi D3 Keperawatan dilaksanakan pada Rabu, 23 Agustus 2017 Pkl. 09.00
  • Pembekalan Mahasiswa Baru Prodi D3 Kebidanan dilaksanakan pada Rabu, 23 Agustus 2017 Pkl. 09.00
  • Pembekalan Mahasiswa Baru Prodi S1 Keperawatan Reguler dilaksanakan pada Rabu, 23 Agustus 2017 Pkl.
  • Pembekalan Mahasiswa Baru Prodi Ners Reguler dilaksanakan pada Selasa, 22 Agustus 2017 Pkl. 09.00

    Program Studi Apa yang Paling Anda Minati?

    Profesi Ners
    D3 Kebidanan
    D3 Keperawatan
    S1 Keperawatan

    Lihat Hasil Poling

    283708

    Hari ini : 9
    Total : 94114
    Hits hari ini : 16
    Total Hits : 283708
    Online : 1

Jumat, 05 Mei 2017 - 10:35:04 WIB
Kajian Jum’at ini : Kepedulian Terhadap Orang Lain
Diposting oleh : Administrator
Kategori: AIK - Dibaca: 246 kali

Abu Hurairah ra. berkata, Rasulullah saw. bersabda, “Barangsiapa membebaskan seorang mukmin dari kesusahan di dunia, pasti Allah akan membebaskannya dari kesusahan di hari Kiamat. Barangsiapa memudahkan orang yang kesulitan, pasti Allah akan memberinya kemudahan di dunia dan di akhirat.Barangsiapa menutupi aib seorang muslim, pasti Allah akan menutupi aibnya di dunia dan di akhirat. Allah senantiasa menolong hamba-Nya selama hamba tersebut menolong saudaranya.Barangsiapa menempuh perjalanan untuk mencari ilmu [yang baik], pasti Allah memberinya kemudahan ke surga. Tidaklah suatu kaum berkumpul di rumah Allah [masjid], membaca dan mempelajari al-Qur’an, niscaya mereka merasakan ketenteraman dan kasih sayang. Para malaikat berkerumun di sekeliling mereka, dan Allah memuji mereka di hadapan semua makhluk yang berada di sisinya.Orang yang amal perbuatannya kurang sempurna, tidak bisa disempurnakan oleh kemuliaan nasab.” (HR Muslim)

Hadits tersebut merupakan topik kajian di STIKes Muhammadiyah Pringsewu oleh Ust. Hasbullah, M.Pd.I pada Jum’at (5/5).

Dalam materi kajiannya, Ust. Bul-bul (panggilan akrab Ust. Hasbullah) menekankan pentingnya untuk saling peduli dan berbuat baik dengan sesama muslim. Dijelaskannya bahwa berdasarkan sabda Rasulullah SAW bahwa antara muslim yang satu dengan yang lainnya itu bersaudara, apabila salah satu sakit maka bagian yang lain seharusnya juga merasa sakit. Oleh karenanya, melalui hadits ini Rasulullah SAW mengingatkan kita untuk senantiasa berbuat baik dengan meringankan tangan kita untuk membantu saudara-saudara kita yang lain.

“Janji Allah itu pasti, oleh karenanya bapak ibu sekalian jangan ragu untuk membantu orang lain, karena Allah pasti akan mempermudah urusan kita di dunia terlebih di akhirat”, terangnya kepada jamah ta’lim yang hadir.

Selain itu, Ust. Bul-bul mengingatkan bahwa segala kesuksesan yang dicapai oleh civitas akademik adalah imbas dari perbuatan dan akhlak civitas akademik STIKes Muhammadiyah Pringsewu.

“Alhamdulillah kampus kita ini saat ini sudah mendapat predikat akreditasi B, dan ini merupakan realisasi janji Allah atas segala upaya dan pelayanan yang kita lakukan di dalam menyampaikan ilmu di kampus ini, oleh karenanya bapak-ibu jangan sampai putus, jangan sampai melemah dalam memberikan pelayanan dan mempermudah urusan orang-orang di sekitar kita”, tegasnya.

Kajian ilmu-ilmu agama di STIKes Muhammadiyah Pringsewu merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh Unit Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) setiap dua jum’at sekali. Jama’ah ta’lim merupakan pimpinan, dosen, karyawan, dan tenaga teknis di lingkungan STIKes Muhammadiyah Pringsewu.

Selain membahas kajian tentang ilmu agama, ta’lim selalu diawali dengan tilawah Al-quran oleh seluruh jama’ah. (red)




0 Komentar :

Apycom jQuery Menus