• Pembekalan Mahasiswa Baru Prodi S1 Keperawatan Konversi dilaksanakan pada Rabu, 23 Agustus 2017 Pkl.
  • Pembekalan Mahasiswa Baru Prodi D3 Keperawatan dilaksanakan pada Rabu, 23 Agustus 2017 Pkl. 09.00
  • Pembekalan Mahasiswa Baru Prodi D3 Kebidanan dilaksanakan pada Rabu, 23 Agustus 2017 Pkl. 09.00
  • Pembekalan Mahasiswa Baru Prodi S1 Keperawatan Reguler dilaksanakan pada Rabu, 23 Agustus 2017 Pkl.
  • Pembekalan Mahasiswa Baru Prodi Ners Reguler dilaksanakan pada Selasa, 22 Agustus 2017 Pkl. 09.00

    Program Studi Apa yang Paling Anda Minati?

    Profesi Ners
    D3 Kebidanan
    D3 Keperawatan
    S1 Keperawatan

    Lihat Hasil Poling

Rabu, 01 Agustus 2018 - 14:57:41 WIB
Tingkatkan Mutu Perguruan Tinggi Melalui Workshop SPMI
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Lembaga Penjamin Mutu - Dibaca: 88 kali

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Pringsewu kembali menggelar Workshop SPMI (Sistem Penjaminan Mutu Internal) selama dua hari  dari tanggal 27 hingga 28 Juli 2018.

Kegiatan kali ini dibuka langsung oleh Ketua STIKes Muhammadiyah Pringsewu Ns. Arena Lestari, M.Kep, Sp,Kep.J. Dihadiri oleh unsur pimpinan di STIKes Muhammadiyah Pringsewu Lampung (Wakil Ketua I, II dan III), Kepala Program Studi (Ka. Prodi), Kepala Unit/Bagian dan Sekretaris, serta perwakilan  dosen prodi di lingkungan STIKes Muhammadiyah Pringsewu.

Ketua pelaksana kegiatan sekaligus sebagai ketua Lembaga Penjamin Mutu (LPM) Ns.,Yusnita,S.Kep.,M.Kes, menjelaskan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk menguatkan kembali pemahaman peserta tentang penyusunan dokumen SPMI (Kebijakan Mutu, Manual SPMI, Standar Mutu, Standar Operasional Prosedur (SOP) dan formulir) dan meningkatkan pemahaman peserta tentang monitor evaluasi (Monev) dan rubric, sehingga kedepan peserta dapat melakukan revisi terhadap  dokumen SPMI yang sudah ada menjadi lebih baik dari dokumen yang sudah ada sebelumnya dan menjalankan monev  sesuai standar sehingga kedepan  Sistem penjaminan mutu di Stikes Muhammadiyah menjadi lebih baik .

Narasumber pada workshop SPMI kali ini yakni Dr. Mukti Fajar Dewata, SH. M.HUM dan Dr. Sunarto, M.Pol. sebagai tim asistensi majelis diktilitbang PP Muhammadiyah, yang merupakan dosen di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan juga Asesor BAN PT.

Dr. Mukti Fajar Dewata, SH.M.Hum menyampaikan bahwa masing-masing unit/ bagian serta prodi harus membuat  standar  mutu dan indikator standar yang dapat diukur, sehingga mudah untuk dimonitor dan dievaluasi. Dr. Sunarto, M.Pol menambahkan bahwa monitor evaluasi harus dilakukan secara berkelanjutan di sesuaikan dengan rubric yang sudah ditentukan. Kedua narasumber menyatakan bahwa STIKes Muhammadiyah Pringsewu saat  di sudah memiliki potensi yang baik dan dapat dipacu untuk  mencapai Akreditasi “A”, dengan catatan ada komitmen bersama yang berkelanjutan dari seluruh unsur yang ada di Stikes Muhammadiyah Pringsewu.

Sesuai dengan Permenristekdikti No 32/2016, BAN-PT mengembangkan  Instrumen Akreditasi Studi, yang menggunakan 9 kriteria sebagai berikut : 1. Visi, Misi, Tujuan dan Strategi, 2. Tata Pamong, Tata kelola dan kerjasama, 3. Mahasiswa, 4. Sumber daya manusia, 5. Keuangan, sarana dan prasarana 6. Pendidikan, 7. Penelitian, 8. Pengabdian kepada masyarakat, dan 9. Luaran dan capaian tridarma.

Pada akhir kegiatan workshop, tim kerja unit/bagian, dan Prodi melakukan  diskusi dengan tim perumusnya masing masing  tentang pembuatan standar mutu, rubric dan instrument monev kemudian menyajikan hasil diskusi tersebut pada seluruh peserta workshop.




0 Komentar :

Apycom jQuery Menus